Rss

Kasus Pembelajaran IPA


Bel berbunyi pada pukul 08.35 WIB setelah istirahat. Pak Sugiyono kembali masuk kelas IV SDN-1 Parenggean. Anak – anak segera kembali ketempat duduknya masing – masing. Pak Sugiyono mengucapkan salam dan secara serentak anak – anak pun menyambutnya dengan sama.
Sebelum memulai pelajaran, Pak Sugiyono menyampaikan tujuan pada pembelajaran yang ingin di capai pada Pembelajaran IPA hari ini, yaitu memahami kerangka manusia.
Setelah membacakan tujuan pembelajaran tersebut, Pak Sugiyono menuliskan peta konsep tersebut, Pak Sugiyono menuliskan peta konsep pembelajaran tentang kerangka manusia di papan tulis dengan harapan hasil yan ingin dicapai dapat terwujud dengan baik.
Pak Sugiyono pun menjelaskan dengan rinci tanpa ada satupun yang terlewatkan dan anak – anak mendengarkan dengan seksama. Tak terasa 25 menitpun berlalu. Kemudian Pak Sugiyono mengadakan tanya jawab tentang kerangka manusia tersebut yang baru saja dijelaskan Pak Sugiyono. Dari 5 pertanyaan hanya 1 pertanyaan yang dapat dijawab dengan benar oleh salah seorang siswa. Melihat hal tersebut Pak sugiyono merasa agak bingung dan kecewa karena semuanya tidak seperti apa yang diharapkannya.
Kemudian Pak Sugiyono melanjutkan menjelaskan tentang Kerangka Manusia. Tidak terasa waktu telah menunjukkan pukul 09.00 WIB, Pak Sugiyono meminta siswa mengerjakan Tes Formatif yang terdapat pada buku paket milik siswa masing – masing. Baru sja waktu berlalu 20 menit, ada salah seorang  siswa yang telah selesai mengerjakannya dan langsung menyerahkan tugasnya ke Pak Sugiyono. Seketika itu juga Pak Sugiyono memeriksa hasil kerja siswa tadi. Kemudian setelah disusul lagi 2 orang siswa lain, dan ternyata dari beberapa siswa yang telah selesai dikoreksi, hasilnya sebagian nilai masih dibawah standar dari tujuan pembelajaran Pak Sugiyono.

Penyelesaian Kasus/analisis kasus.
1.       Beberapa informasi kunci /penting yang terdapat di kasus :
a.       Pak Sugiyono mengajarkan topik tentang memahami Kerangka manusia.
b.      Media yang disiapkan adalah peta konsep tentang kerangka manusia.
c.       Pak Sugiyono menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai kepada siswa.
d.      Pak Sugiyono menjelaskan tentang kerangka manusia, setelah itu menyuruh anak – anak untuk mengisi Lembar Kerja (LK).
e.      Dari pemeriksaan lembar kerja tersebut didapat hasil yang mengecewakan ternyata masih banyak siswa yang masih belum megerti dan hasil dibawah standar.
2.       Perumusan masalah yang ditemukan dapat dijabarkan dalam kalimat pertanyaan dan pernyataan.
a.       Perumusan masalah dalam bentuk kalimat pertanyaan
Mengapa prosedur pembelajaran yang dilakukan Pak Sugiyono tidak memberikan hasil yang memuaskan?
b.      Perumusan maslah dalam bentuk kalimat pernyataan.
Prosedur pembelajaran yang dilakukan Pak Sugiyono tidak memberikan hasil yang memuaskan.
3.       Dari perumusan maslah pada langkah 2, teridentifikasi beberapa penyebab maslah seperti dibawah ini :
a.       Media yang digunakan / disediakan Pak Sugiyono kurang memadai dan maksimal.
b.      Pak Sugiyono tidak menyebutkan apersepsi pada pembelajaran yang akan dilaksanakan dan dilalui.
c.       Pak Sugiyono tidak menjelaskan prosedu kerja LKS.
4.       Alternatif pemecahan dari penyebab maslah.
Seorang guru hendaknya dapat menyediakan dan menggunakan media dengan baik serta dapat menyebutkan apersepsi pelajaran dan menjelaskan prosedur kerja LKS.
5.       Analisis kekuatan dan kelemahan alternatif. Penggunaan media yang maksimal dan pengelolaan kelas sangat baik dan efektif dalam penunjag proses pembelajaran.
6.       Alternatif yang mungkin mendukung berdasarkan identifikasi permasalahannya.
Dalam pencapaian tujuan pembelajaran yang baik hendaknya guru dapat menyampaikan apersepsi pelajaran, menjelaskan prosedur pengisian LKS dan pengelolaan kelas yang baik.

2 komentar:

Yaser A mengatakan...

Contoh kasus lain ada lagi g'?

Yaser A mengatakan...

Wadduh repot nya komen pake peripikasi sgala. D Off kan aja bro ..

Posting Komentar

koment mu Q tnggu....!!!!!!!!!